berbagi apapun yang penting membawa ke arah yang lebih baik

Manfaatkan Keluhan Sekitar Menjadi Peluang Usaha


Manfaatkan Keluhan Sekitar Menjadi Peluang Usaha

Halooo,
Apa kabar ? Semoga yang sehat tambah sehat, yang sakit kita doakan agar dikembalikan nikmat kesehatannya. Aamiin.

Oke, jadi tadi gue nonton video pidato Jack Ma di Youtube, terus pas gue nonton, ada kata-kata dari Jack Ma yang menurut gue pribadi bagus banget. "When other people complain, that is your opportunity" ( Ketika orang lain mengeluh, itulah peluang Anda ).

Dalam postingan kali ini gue menghubungkannnya dengan memanfaatkan peluang usaha dari berbagai macam keluhan yang ada di lingkungan sekitar lu. Nah mungkin sebagian dari lu berpikir

" Untuk apa gue buka usaha, mending gue fokus kuliah dulu. "
" Buka usaha ? mending gue jadi PNS atau karyawan aja. "
" Males buka usaha nanti juga ga laku. "

Dan banyak lagi pikiran-pikiran negatif lainnya. Come on, buang jauh-jauh pikiran itu. Lu bisa manfaatkan keluhan orang-orang disekitar lu. Misal teman lu ada yang ngeluh

" Mau beli paket internet tapi mager jauh banget. "

Nah dari keluhan temen lu itu sebenarnya sudah membuka "pasar" untuk orang-orang yang ber-mindset enterpreneur. Berpikirlah " Kenapa ga gue aja yang jual paket internet di kelas. " Terus lu berpikir " Percuma ga ada modal. " Solusinya gampang, kenapa lu ga ajak temen lu 2-3 orang mungkin udah cukup untuk ngumpulin modal bersama-sama.

Terus lu berpikir untuk fokus kuliah dulu, ya lu benar tapi lu sadar ga ilmu itu ga cuma lu dapat di ruangan 10 x 12 meter. Ilmu itu luas salah satunya adalah dari membuka usaha. Kemudian lu berpikir untuk menjadi PNS atau karyawan. Come on buang jauh-jauh untuk pikiran lu untuk mengisi lapangan kerja, berpikirlah untuk membuka lapangan kerja.

Akan lebih baik jika lu berinovasi, buat sesuatu  yang something different with other product, jangan takut untuk ga laku karena ga ada produk yang dijual itu ga laku, hanya pasarnya saja yang salah. Apapun yang lu jual bakalan laku asal lu tahu cara memasarkannya.

Berinovasilah dalam membuka usaha, gue pernah dengar kata-kata dari Pandji Pragiwaksono, yaitu

Sedikit lebih beda, lebih baik daripada sedikit lebih baik
 Ya, cobalah berpikir sedikit berbeda, think out of the box .
Setiap usaha yang lu jalani butuh proses untuk berhasil, contohnya Starbucks yang butuh waktu lebih kurang 30 tahun agar bisa terkenal seperti sekarang ini, McDonald's butuh waktu lebih kurang 60 tahun untuk bisa sukses seperti sekarang ini, dan masih banyak perusahaan-perusahaan di dunia yang sukses dan lu lihat mereka sudah lama berkecimpung di dunia bisnis.

Nah sekarang giliran lu, lihatlah keluhan orang-orang disekitar lu, ciptakan peluang bisnis. Apalagi di zaman digital ini mudah banget buat lu buka usaha, lu bisa manfaatkan media sosial untuk bisnis lu, cuma modal kuota doang. Lu bisa jadi reseller olshop, ya lu cuma modal kuota doang. Manfaatkan Instagram, Facebook atau media sosial lain. Di era digital ini lu dapat bersaing dengan orang-orang diseluruh dunia. Saat lu jualan sepatu di Instagram dan lu pakai #shoes sebenarnya lu sudah bersaing dengan orang-orang diseluruh dunia dengan hashtag yang sama. Dan jangan lupa untuk berinovasi dalam berkarya.

Gue rasa sudah cukup bacotan gue di postingan kali ini, semoga dapat bermanfaat bagi diri gue sendiri dan lu semua. Terima kasih udah baca hasil kedangkalan ilmu gue, kalau ada kritik, saran, masukan sangat gue tunggu di komentar ^.^ .

Pidatonya oom Jack Ma .

Keywords : Memanfaatkan keluhan, Berinovasi, Enterpreneurship, Jack Ma, Alibaba Group


Labels: Kesadaran Diri, Opini

Thanks for reading Manfaatkan Keluhan Sekitar Menjadi Peluang Usaha. Please share...!

0 Comment for "Manfaatkan Keluhan Sekitar Menjadi Peluang Usaha"

Back To Top